Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 12 No. 4 (2023): DIDAKTIKA Nopember 2023

Kemampuan Penalaran Matematis dalam Model Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) pada Siswa

Rosni Lestari (Program Studi Pendidikan Matematika IAIN Palopo, Indonesia)
Lisa Aditya Dwiwansyah Musa (Program Studi Pendidikan Matematika IAIN Palopo, Indonesia)
Muhammad Ihsan (Program Studi Pendidikan Matematika IAIN Palopo, Indonesia)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini berfokus pada kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIII di SMPN 3 Bua Ponrang, dengan menggunakan model pembelajaran CORE. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan penalaran matematis tinggi mampu memahami dan menyelesaikan masalah dengan baik menggunakan model CORE. Siswa dengan kemampuan penalaran matematis sedang cukup mampu memahami dan menyelesaikan masalah, serta mengetahui hasil akhir dengan cukup baik. Sementara itu, siswa dengan kemampuan penalaran matematis rendah kurang mampu memahami dan menyelesaikan masalah, serta kurang mampu mengetahui hasil akhir. Penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran CORE dapat membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematis mereka, meskipun tingkat keberhasilannya bervariasi tergantung pada kemampuan awal siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...