Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis mobile dengan visualisasi 3D dalam pembelajaran. Pengaruh tersebut ditinjau dari peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi karena masih kurangnya pemahaman terhadap materi abstrak dalam pengenalan alat jaringan komputer. Oleh karena itu diperlukan inovasi dalam proses pembelajaran yaitu media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pengumpulan data berupa studi literatur dan metode eliminali PICO untuk menentukan inklusi dan ekslusi artike. Sumber literatur yang digunakan berasal dari portal pengindeks Google Scholar, Sinta, Garuda dan lain-lain. Peneliti mendapatkan 11 referensi terkait tujuan penelitian mulai tahun 2020 hingga 2023. Hasil studi literatur menunjukkan bahwa penggunaan augmented reality dalam pembelajaran dapat meningkatkan pemahaman konsep, meningkatkan minat belajar, meningkatkan hasil belajar dan meningkatkan berpikir kritis siswa.
Copyrights © 2023