Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 12 No. 4 (2023): DIDAKTIKA Nopember 2023

Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah dan Profesionalitas Guru Terhadap Kualitas Pembelajaran

Ikrima Mailani (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia)
M. Nazir (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)
Mas'ud Zein (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji tiga hipotesis utama, yaitu: a) Apakah terdapat pengaruh supervisi akademik kepala sekolah terhadap kualitas pembelajaran?; b) Apakah terdapat pengaruh profesionalitas guru terhadap kualitas pembelajaran?; c) Apakah terdapat pengaruh bersama-sama antara supervisi akademik kepala sekolah dan profesionalitas guru terhadap kualitas pembelajaran? Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) se-Kabupaten Kuantan Singingi. Berdasarkan permasalahan dan tujuan penelitian yang ingin dicapai, penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan ekspost facto. Pendekatan ini dirancang untuk menilai seberapa besar hubungan koefisien antara variabel bebas dan variabel terikat. Penelitian ini melibatkan dua variabel bebas, yaitu supervisi akademik kepala sekolah, dan profesionalitas guru. Variabel terikatnya adalah kualitas pembelajaran. Melibatkan 136 responden sebagai sampel penelitian. Hasil penelitian, setelah dilakukan analisis data menggunakan aplikasi SPSS, menunjukkan beberapa kesimpulan: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan dari supervisi akademik kepala sekolah terhadap kualitas pembelajaran di SDIT se-Kabupaten Kuantan Singingi. 2) Hipotesis kedua diterima, mengindikasikan bahwa profesionalitas guru mempengaruhi kualitas pembelajaran di SDIT se-Kabupaten Kuantan Singingi secara signifikan. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan antara supervisi akademik kepala sekolah dan profesionalitas guru terhadap kualitas pembelajaran, dengan nilai signifikansi sebesar 0.000 < 0.05 dan nilai Fhitung sebesar 40.255 > Ftabel sebesar 3.064. Oleh karena itu, hipotesis ketiga diterima, menunjukkan bahwa supervisi akademik kepala sekolah dan profesionalitas guru secara bersama-sama memengaruhi kualitas pembelajaran di SDIT se-Kabupaten Kuantan Singingi. Berdasarkan Tabel Model Summary, diperoleh nilai R-Square sebesar 0.443. Hal ini mengindikasikan bahwa terdapat hubungan yang "sedang/cukup" sebesar 44,3% antara supervisi akademik kepala sekolah dan profesionalitas guru secara simultan terhadap kualitas pembelajaran di SDIT se-Kabupaten Kuantan Singingi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...