Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 12 No. 4 (2023): DIDAKTIKA Nopember 2023

Penguatan Program Pendidikan Karakter Religius Siswa Melalui Implementasi Mata Pelajaran Qur’an Hadist

Teguh Wibisono (Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta)
Meti Fatimah (Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan perencanaan, pelaksanaan, dan hasil pelaksanaan penguatan pendidikan karakter religius siswa melalui implementasi Mata Pelajaran Qur’an Hadits. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun instrument penelitiannya adalah hasil wawancara dari kepala sekolah, wakil kepala bidang kurikulum, guru Mata Pelajaran Qur’an Hadist dan Siswa MI Muhammadiyah Kramat. Hasil penelitian ini: 1) Program Penguatan Pendidikan Karakter Religius di MI Muhammadiyah Kramat Kabupaten Sukoharjo disusun dan direncanakan berdasarkan Kurikulum 2013, Kegiatan Intrakurikuler dan Kegiatan Kokurikuler oleh MI Muhammadiyah Kramat sesuai arahan Perpres No. 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter. Namun dalam penelitian ini, yang menggunakan kurikulum 2013 hanya kelas 2, 3, 5, dan 6 karena kelas 1 dan 4 menggunakan Kurikulum Merdeka; 2) Implementasi Mata Pelajaran Qur’an Hadits di MI Muhammadiyah Kramat Kabupaten Sukoharjo dilaksanakan dengan dua program yakni kegiatan intrakurikuler dan kokurikuler. Kegiatan Intrakurikuler dilaksanakan sesuai Kurikulum 2013 dengan acuan pengembangan RPP oleh Guru Mata Pelajaran Qur’an Hadits dan menggunakan metode pembiasaan dalam kegiatan Kokurikuler untuk menanamkan karakter religius peserta didik. Kegiatan Kokurikuler yang terintegrasi dengan mata pelajaran Qur’an Hadits adalah kegiatan Hafalan, Pembacaan hadits dan Murajaah untuk hafalan dan hadits; 3)Hasil Penguatan Program Pendidikan Karakter Religius Siswa Melalui Implementasi Mata Pelajaran Qur’an Hadits di MI Muhammadiyah Kramat Kabupaten Sukoharjo telah berhasil dilaksanakan dengan program kokurikuler seperti hafalan qur’an, pembacaan hadits, muraja’ah pagi dan siang, kegiatan shalat dhuha dan dzuhur berjamaah dan pembiasaan kebersihan kuku dan rambiut. Dengan penjelasan bahwa siswa masih tertib dan aktif mengikuti program kegiatan kokurikuler yang diselenggarakan oleh madrasah. Adapun jika terdapat siswa yang kurang tertib atau tidak tertib mengikuti kegiatan tersebut maka akan diberikan teguran atau sanksi yang berlaku di MI Muhammadiyah Kramat.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...