Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 12 No. 4 (2023): DIDAKTIKA Nopember 2023

Pengaruh Pembelajaran Berbasis HOTS terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Sekolah Dasar

Roeth Najoan (Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi, Universitas Negeri Manado, Indonesia)
Junita Cristi Makawawa (Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi, Universitas Negeri Manado, Indonesia)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis HOTS terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas IV SD GMIM 1 Tomohon. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu dengan pretest posttest non equivalent group design. Penelitian ini dilakukan di kelas IV SD GMIM 1 Tomohon pada bulan Maret 2023 semester II tahun akademik 2022/2023. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IV SD GMIM 1 Tomohon yang terdiri atas 2 kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling sehingga dipilih kelas 2A sebagai kelas Eksperimen atau dengan pembelajaran berbasis HOTS dan kelas 2B sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional tanpa melibatkan HOTS. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kritis. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji Anova dan Uji Paired Sample t test. Hasil penelitian menunjukan bahwa, (1) pembelajaran berbasis HOTS berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas IV SD GMIM 1 Tomohon, (2) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematika pada siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis HOTS dan pembelajaran secara konvensional

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...