Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Game Based Learning berorientasi Kahoot terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas V Gugus IV Banjar yang berjumlah 142 siswa. Penelitian ini tergolong jenis eksperimen semu. Sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah untuk kelas eksperimen yaitu siswa kelas V SDN 1 Kecamatan Banjar berjumlah 28 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas V berjumlah 26 orang yaitu dari SDN 9 Banjar sebagai kelompok kontrol. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Data dianalisis dengan Anava. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran berbasis permainan berorientasi Kahoot terhadap motivasi nilai signifikansi lebih kecil 0,05 (0,001< 0,05). Kesimpulannya pembelajaran berbasis permainan berorientasi Kahoot berpengaruh positif terhadap motivasi dan hasil belajar bahasa Inggris siswa.
Copyrights © 2024