Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 13 No. 1 (2024): DIDAKTIKA Februari 2024

Efektivitas Sanksi dalam Menanggulangi Pelanggaran Tata Tertib Siswa di MTs Negeri 2 Ketapang

Mustakar (Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak)
Erwin (Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak)
Usman (Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2024

Abstract

Pendidikan seharusnya memperhatikan prinsip hukuman sebagai upaya agar siswa tidak lagi melakukan kesalahan. Dalam konteks penerapan tata tertib sekolah, sanksi atau hukuman memiliki peranan penting mencegah pengulangan pelanggaran peraturan aturan. Hal ini pada akhirnya memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pembentukan kepribadian siswa, yang diharapkan menjadi lebih bermoral dan disiplin. Tujuan penelitian dengan pendekatan kualitatif ini untuk menggali fenomena secara holistik dan kontekstual. Melalui pengumpulan data, penelitian ini mengandalkan teori yang ada untuk memberikan penjelasan dan memperoleh pemahaman mendalam terhadap perilaku, prinsip, dan motivasi tindakan subjek penelitian. Dengan pendekatan ini, penelitian berfokus pada deskripsi yang menggambarkan fenomena bahasa, memperhatikan konteks alami, serta menggunakan berbagai metode ilmiah. Pemilihan pendekatan dan metode ini penting untuk memfokuskan sesuai tujuan yang diinginkan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...