Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 13 No. 1 (2024): DIDAKTIKA Februari 2024

Membangun Pendidikan Islam Berkualitas melalui Pembaharuan Kurikulum di SD Muhammadiyah Plus Kota Batam

Miswanto (Sekolah Tinggi Agama Islam Ibnu Sina Batam)
Abdul Halim (Sekolah Tinggi Agama Islam Ibnu Sina Batam)
Dukhroini Ali (Sekolah Tinggi Agama Islam Ibnu Sina Batam)



Article Info

Publish Date
13 Feb 2024

Abstract

Artikel ini membahas pentingnya mengevaluasi dan memperbarui kurikulum dalam membangun pendidikan Islam yang berkualitas. Evaluasi berkelanjutan membantu mengidentifikasi kelemahan dan potensi perbaikan dalam kurikulum, sementara pembaruan kurikulum memastikan relevansi dan daya tanggap pendidikan Islam terhadap tuntutan zaman dan perkembangan siswa. Tantangan seperti resistensi dari pihak terkait dan keterbatasan sumber daya perlu diatasi dengan komunikasi yang baik dan keterlibatan semua pemangku kepentingan. Dengan menerapkan evaluasi dan pembaharuan kurikulum yang terencana, pendidikan Islam dapat terus berkembang menjadi lebih baik dan lebih kompetitif. Peningkatan kualitas pembelajaran, penguatan nilai-nilai keagamaan, responsif terhadap perkembangan saat ini, penyelarasan dengan standar nasional dan internasional, serta penguatan jati diri pendidikan Islam adalah beberapa implikasi penting dari artikel ini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...