Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 13 No. 1 (2024): DIDAKTIKA Februari 2024

Hubungan Durasi Penggunaan Gadget dengan Prestasi Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Agrio Julmiran (Universitas Islam Riau)
Siti Quratul Ain (Universitas Islam Riau)



Article Info

Publish Date
25 Feb 2024

Abstract

Gadget adalah peralatan teknis yang berkembang pesat yang melayani berbagai tujuan unik. Karena gadget dengan beberapa aplikasi dapat menampilkan media sosial yang berbeda, siswa sering menyalahgunakannya, yang dapat berdampak negatif pada kinerja akademik atau nilai mereka. Tujuan penelitian ini yakni agar memahami hubungan durasi pemakaian gadget melalui tingkat prestasi belajar siswa kelas V SDN 014 Perawang Barat. Penelitian ini memakai desain metode kuantitatif penelitian survei, karena penelitian ini bertujuan didalam menguji hipotesis penelitian, yaitu mencari hubungan dua variabel. Instrument dipakai didalam penelitian ini yakni angket, lembar wawancara serta dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh jika ada hubungan durasi pemakaian gadget akan prestasi siswa kelas V di SDN 014 Perawang Barat. Hal itu diketahui dari nilai r hitung lebih besar dari nilai rtabel (0,849 > 0,2369). Hubungan kedua variabel adalah kuat, yaitu sebesar 72,10%. Artinya, durasi penggunaan gadget memberikan kontribusi sebesar 72,10% terhadap prestasi siswa

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...