Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia
Vol 2 No 4 (2023): JUPENJI: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia

Desain Model Project Based Learning Berbantuan Aplikasi TikTok Pada Pembelajaran Membaca Teks Berita Siswa SMP

Hindasyah Putri (IKIP Siliwangi)
Yesi Maylani (IKIP Siliwangi)
Sary Sukawati (IKIP Siliwangi)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2023

Abstract

Keterampilan membaca merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang sangat penting, terutama ketika mengungkapkan atau mempresentasikan suatu topik yang aktual, salah satunya yaitu membaca teks berita. Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan fakta, bahwa keterampilan membaca teks berita siswa masih sangat rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah menerapkan model pembelajaran berbasis projek dengan memanfaatkan aplikasi TikTok sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan membaca teks berita pada siswa kelas VIII. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Langkah-langkah pengambilan data dalam penelitian ini, yaitu 1) mewawancarai guru SMP kelas VIII, 2) menyebarkan angket pada siswa SMP kelas VIII, dan 3) menganalisis data hasil wawancara dan angket. Berdasarkan hasil penelitian, keterampilan siswa ketika membaca teks berita masih sangat rendah. Model Project Based Leraning berbantuan aplikasi TikTok memenuhi kriteria dari penggunaan media pembelajaran, sehingga dinilai layak untuk dimanfaatkan dalam pembelajaran. Penggunaan aplikasi TikTok bisa mengoptimalkan kemampuan membaca teks berita yang sesuai dengan tujuan pembelajaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jupenji

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

JUPENJI: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia, merupakan Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran dengan Fokus dan scope hasil penelitian, tinjauan teoritis dan konseptual dalam bidang pendidikan dan pembelajaran pada semua tingkat pendidikan. Pendidikan dasar, Pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi. ...