Model pembelajaran Problem Based Learning merupakan model pembelajaran yang berbasis masalah serta berpusat kepada peserta didik (student center) dimana menuntut peserta didik untuk aktif dalam proses pembelajaran, permasalahan yang diberikan merupakan permasalahan yang konstektual. Pada saat sekarang ini banyak permasalahan yang terjadi dalam dunia pendidikan salah satunya model pembelajaran yang digunakan guru tidak sesuai dengan peserta didik sehingga membuat peserta didik menjadi pasif dan merasa bosan dengan pembelajaran biologi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk melihat pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan kreativitas dan hasil belajar peserta didik kelas X SMA pada materi ekosistem. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Literatur Riview. Dengan sumber bacaan yang digunakan diambil dari artikel-artikel nasional yang relevan dengan penelitian ini. Adapun teknik analisis data dilakukan secara deskriptif dengan menganalisis dan mengidentifikasi sumber bacaan yang digunakan, sehingga dihasilkan ringkasan yang berisi sejumlah informasi. Berdasarkan hasil analisis literatur riview dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar peserta didik pada materi ekosistem.
Copyrights © 2023