ABANNA: Journal Of Contemporary Islamic Education
Vol. 1 No. 2 (2023): JURNAL ABANNA: Journal Of Contemporary Islamic Education

Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Mawaris

Samhudi (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran project based learning  terhadap hasil belajar siswa dalam materi mawaris pada siswa kelas XII di SMAN 1 Nisam. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen, adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XII SMAN 1 Nisam yang berjumlah 4 kelas. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara acak sederhana yakni terpilih dua kelas berjumlah 55 siswa yaitu kelas XII IPA 1 sebagai kelas eksperimen yang akan diajarkan dengan model PBL berjumlah 29 siswa dan kelas XII IPA 2 sebagai kelas kontrol yang akan diajarkan dengan metode ceramah berjumlah 26  siswa. Instrumen yang digunakan berupa tes pada kedua kelas dengan bentuk dan bobot yang sama. Selanjutnya data yang dikumpulkan dianalisis secara statistik. Dari hasil pengolahan data menunjukkan bahwa rata-rata nilai pre-test kelas eksperimen adalah 63,3 sedangkan rata-rata nilai pre-test kelas kontrol adalah 62,5. Selanjutnya setelah diberikan treatment selama 3 kali pertemuan di kelas ekperimen yakni pembelajaran materi mawaris dengan menggunakan model pembelajaran project based learning, hasil post-test mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata nilai post-test kelas eksperimen yakni 73,2 sedangkan rata-rata nilai post-test kelas kontrol yakni 68,5. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran project based learning memberi dampak terhadap hasil pembelajaran siswa kelas XII SMAN 1 NIsam dalam materi mawaris.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ABANNA

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

ABANNA: Journal Of Contemporary Islamic Education is publishes scholarly research on Contemporary Islamic educational institutions and Islamic education. The articles of this journal are published bi-annually: June and December. ABANNA: Journal Of Contemporary Islamic Education is the leading ...