Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia
Vol 8, No 3 (2022): JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia)

Hubungan pemenuhan capaian pembelajaran, peran dosen terhadap peningkatan hardskill dan softskill mahasiswa

Riyan Sisiawan Putra (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya)
Rizki Amalia (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya)
Umdatus Soleha (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya)
Khamida Khamida (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya)
Sri Hartatik (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya)
Endang Sulistiyani (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya)
Hidayatul Khusna (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2022

Abstract

Merdeka belajar merupakan tuntutan pada saat ini oleh sebab itu perlu di persiapkan perangkat dalam mendukungnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemenuhan capaian pembelajaran lulusan dan peran dari dosen itu sendiri dalam meningkatkan kemampuan Hardskill dan Softskill mahasiswa. Hardskill merupakan kemampuan yang dibutuhkan untuk sebuah pekerjaan sedangkan Softskill merupakan kepribadian, atribut personal, serta kemampuan komunikasi yang dibutuhkan untuk sukses dalam sebuah pekerjaan. Metodelogi dalam penelitian ini menggunakan Diskriptif Kuantitatif dimana menganalisa dari hasil surve yang dilakukan, populasi dalam penelitian ini sebanyak 219 orang dan menjadikan 219 orang tersebut menjadi sampel. Hasil dari penelitian ini adalah CPL dan Peran Dosen sangat berperan penting dalam peningkatan Softskill dan Hardskill dari mahasiswa yang mengikuti program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jppi

Publisher

Subject

Other

Description

Authors who intend to submit a manuscript for publication in JPPI obliged to understand correctly the instructions and the ins and outs of the provisions on this journal. For authors who have never published the article on this journal, we recommend reading all of the term and conditions are listed ...