Cocos Bio
Vol 7 No 2 (2022): Cocos Bio

PENGEMBANGAN ELEKTRONIL MODUL MENGGUNAKAN FLIPBOOK MAKER SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATERI SISTEM REPRODUKSI

Jannah, miftahul (Unknown)
Marzuki, M (Unknown)
Marhamah, Marhamah (Unknown)
Zumiyati, Zumiyati (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan elektronik modul sebagai sumber belajar siswa menggunakan Flipbook maker pada materi sistem reproduksi di MA Muallimin NWDI Pancor. Penelitian ini menggunakan metode Borg and Gall yang terdiri dari 7 tahapan yaitu: penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan produk, pengembangan produk, persiapan uji coba lapangan, revisi produk, uji coba, dan revisi produk. Adapun subjek dari  penelitian ini dalah siswa kelas XII, guru mata pelajaran dan beberapa ahli yang menjadi  validator baik dari segi materi dan media. Untuk pengambilan data dilakukan dengan memberikan angket respon kepada siswa dan guru serta memberikan angket penilaian kepada validator. Data yang diperoleh dari subjek penelitian ini kemudian dianalisis untuk menguji kelayakan terhadap e-modul yang dikembangkan. Dari hasil penelitian ini diperoleh nilai 3,4 dari ahlimateri dengan kriteria Layak dan tidak revisi, dari ahli media diperoleh 3,66 dengan kriteria Layak dan tidak revisi, hasil respon guru 3,1 dengan kriteria Layak dan revisi sebagian serta hasil dari respon siswa 3,27 dengan kriteria layak dan tidak revisi. Selain itujuga dilakukan uji N-Gain untuk menguji kelayakan e-modul oleh siswa dengan perolehan nilai N-Gain 35 dengan kriteria sedang sehingga e-modul yang dikembangkan layak untuk dijadikan sumber belajar siswa.  Dari hasil analisis data disimpulkan bahwa e-modul yang dikembangkan layak menjadi sumber belajar siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

cob

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Dentistry Education

Description

Kurikulum biologi pada berbagai jenjang pendidikan; Biologi murni dan implementasinya dalam pembelajaran; Pembelajaran biologi dengan model inovatif pada berbagai jenjang pendidikan; Penelitian eksperimen, penelitian tindakan kelas, dan penelitian pengembangan dalam pembelajaran biologi; Hasil ...