Penelitian ini bertujuan untuk mengembangankan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis Literasi Sains dalam model pembelajaran Problem Solving pada siswa kelas XI SMA/MA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Devlopment) mengacu pada Borg and Gall pada tahun 1883. Adapun langkah-langkah dalam penelitian pengembangan ini sudah disesuaikan dengan kebutuhan peneliti. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah ahli materi, ahli desain, guru biologi, dan 12 siswa kelas XII IPA 2. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan angket. Untuk menganalisis hasil penelitian, peneliti menggunakan rumus persentase dengan hasil penelitian produk yang telah dikembangkan. Dengan kriteria baik pada uji kelayakan oleh ahli materi dengan persentase 79,68%, pada ahli desain 96,62% dengan kriteria sangat baik, hasil validasi oleg guru biologi 83,43% dengan kriteria sangat baik, dan respon siswa 86% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik berbasis Literasi Sains dalam model pembelajaran Problem Solving pada siswa kelas XI SMA/MA layak digunakan untuk proses pembelajaran dan sesuai dengan kebutuhan siswa.
Copyrights © 2023