Cocos Bio
Vol 7 No 2 (2022): Cocos Bio

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM BASED LEARNINGPADA MATERI EKOSISTEM DAN PERUBAHAN LINGKUNGAN DI SMA/MA KELAS X TAHUN 2021

Ariandani, Nunung (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran berbasis Problem Based Laerning (PBL) pada materi ekosistem dan perubahan lingkungan di SMA/MA tahun 2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research And Devlopment) yang dikembangkan oleh Bog and Gall pada tahun 1883. Adapun langkah-langkah dalam penelitian pengembangan ini sudah disesuaikan dengan kebutuhan peneliti. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah ahli materi, ahli desain, 2 orang guru biologi, dan 12 siswa kelas XI. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan angket. Untuk menganalisis hasil penelitian, peneliti menggunakan rumus persentase dengan hasil penelitian produk yang telah dikembangkan  dengan kriteria efisien pada uji kelayakan oleh ahli materi dengan persentase 73,4%, sedangkan pada ahli desain diperoleh nilai 80,6% dengan kriteria efisien, hasil validasi oleh 2 orang guru biologi diperoleh nilai 96,12% dengan kriteria sangat efisien, dan respon siswa berdasarkan perhitungan data diperoleh nilai 95,06% dengan kriteria sangat efisien. Berdasarkan hasil penelitian tersebut peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa modul berbasis Problem Based Learning pada materi ekosistem dan perubahan lingkungan di SMA/MA kelas X layak digunakan untuk proses pembelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

cob

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Dentistry Education

Description

Kurikulum biologi pada berbagai jenjang pendidikan; Biologi murni dan implementasinya dalam pembelajaran; Pembelajaran biologi dengan model inovatif pada berbagai jenjang pendidikan; Penelitian eksperimen, penelitian tindakan kelas, dan penelitian pengembangan dalam pembelajaran biologi; Hasil ...