Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran jigsaw terhadap kemampuan memecahkan masalah siswa pada pokok bahasan pencemaran lingkungan kelas X IPA di MA NW Suralaga tahun pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain true experimental design dalam bentuk desain Post-Test only Control. Populasi penelitian ini adalah kelas X MA NW Suralaga yang berjumlah 41 siswa Penentuan sampel pada penelitian ini adalah menggunakan claser random sampling yaitu teknik pengambilan secara acak. Tehnik pengumpulan data menggunakan tes, dimana tes disini berupa soal berbentuk uraian berjumlah 5 soal. Tehnik analisis data untuk melihat kemampuan memecahkan masalah menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t-tets (uji t). Hasil penelitian yang diperoleh yaitu nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen 66,09 dan pada kelas kontrol 62,36 dan hasil uji normalitasnya adalah berdistribusi normal. Untuk kelas eksperimen nilai χ2 hitung (8,595) < χ2 tabel (9,488) dan kelas kontrol nilai χ2 hitung (0,734) < χ2 tabel (9,488). Sedangkan homogenitasnya menunjukkan bahwa kedua kelompok homogen yang dilihat dari nilai Fhitung (1,15) < Ftabel (2,07). Untuk uji hipotesis digunakan rumus uji-t. Dari data uji-t diperoleh thitung>ttabel (3,800>1,708). Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran jigsaw berpengaruh terhadap kemampuan memecahkan masalah siswa pada pokok bahasan pencemaran lingkungan kelas X MA NW Suralaga
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019