Ngabdimas
Vol. 6 No. 01 Juni (2023): NGABDIMAS (Pengabdian Pada Masyarakat)

PEMANFATAN MEDIA SOSIAL UNTUK MENGOPTIMALKAN PEMASARAN PRODUK USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) KOTA PAGAR ALAM

Dedi Setiadi (Institut Teknologi Pagar Alam)
Riduan Syahri (Institut Teknologi Pagar Alam)
Abdi Nasrullah (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2023

Abstract

Usaha Mikro Kecil Menengah memiliki peran yang sangat penting dalam perekonomian Indonesia. Perilaku konsumen yang cenderung mengandalkan media sosial untuk mencari informasi mengenai merek tertentu sebelum melakukan pembelian, mendorong setiap pelaku usaha untuk mempertimbangkan strategi pemasaran digital dengan memanfaatkan media sosial. Kegiatan pengabdian yang dilakukan melalui pelatihan dan praktik yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan UMKM kota Pagar Alam dalam mengelola dan mengoptimalkan media sosial yan mereka miliki. Pelatihan dilaksanakan selama dua hari. Hari pertama fokus pada pengenalan digital marketing dan media-media yang digunakannya, dan dihari ke dua praktik menggunakan dan mengoptimalkan media sosial dalam mempromosikan produk-produk UMKM. Evaluasi kegiatan dilakukan melalui wawancara. Dari hasil wawancara hasil dari ­pre-test yaiti 24%, dan hasil dari post-test adalah 92%,hal ini menunjukan adanya peningkatan kemampuan mitra dalam mengembangkan dan mengoptimalkan media sosial setelah mengikuti kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ngabdimas

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Environmental Science

Description

NGABDIMAS (Jurnal Pengabdian pada Masyarakat) juga meliputi kegiatan pengabdian Multi Disiplin serta pada bidang ilmu pengetahuan, sosial, ekonomi, kesehatan, budaya, terapan, pengembangan TIK, dan pelayanan administrasi. Serta pelatihan dan peningkatan hasil pendidikan, pertanian, informasi dan ...