Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika
Vol. 1 No. 2 (2022): JIPM: August - January

Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dengan Model Problem-Based Learning pada Materi Pola Bilangan

Woro Alma Manfaati (Pendidikan Matematika UNNES)
Dyarko (SMKN 11 Semarang)
Kristina Wijayanti (Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
04 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika kelas VIII SMP Negeri 1 Kebumen dengan menerapkan model Problem-Based Learning pada materi pola bilangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dengan subjek penelitian peserta didik kelas VIII B SMP Negeri 1 Kebumen yang berjumlah 30 peserta didik. Indikator keberhasilan penelitian ini pada siklus I yaitu lebih dari atau sama dengan 65% dari jumlah peserta didik yang ada memiliki hasil tes kemampuan pemecahan masalah lebih dari atau sama dengan 70. Sedangkan indikator keberhasilan siklus II yaitu lebih dari atau sama dengan 75% dari jumlah peserta didik yang ada memiliki hasil tes kemampuan pemecahan masalah lebih dari atau sama dengan 70. Pada tes akhir siklus I jumlah peserta didik yang tuntas adalah 20 peserta didik (67%) dan jumlah peserta didik yang belum tuntas adalah 10 peserta didik (33%). Pada siklus II, jumlah peserta didik yang tuntas adalah 25 peserta didik (83%) dan jumlah peserta didik yang belum tuntas adalah 5 peserta didik (17%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas VIII SMP N 1 Kebumen setelah diterapkan model Problem-Based Learning pada materi pola bilangan

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jipm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

The Journal invites original research articles and not simultaneously submitted to another journal or conference. The whole spectrum of research in mathematics education are welcome, which includes, but is not limited to the following topics: Design/Development Research in Mathematics Education ICT ...