Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika kelas VIII SMP Negeri 1 Kebumen dengan menerapkan model Problem-Based Learning pada materi pola bilangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dengan subjek penelitian peserta didik kelas VIII B SMP Negeri 1 Kebumen yang berjumlah 30 peserta didik. Indikator keberhasilan penelitian ini pada siklus I yaitu lebih dari atau sama dengan 65% dari jumlah peserta didik yang ada memiliki hasil tes kemampuan pemecahan masalah lebih dari atau sama dengan 70. Sedangkan indikator keberhasilan siklus II yaitu lebih dari atau sama dengan 75% dari jumlah peserta didik yang ada memiliki hasil tes kemampuan pemecahan masalah lebih dari atau sama dengan 70. Pada tes akhir siklus I jumlah peserta didik yang tuntas adalah 20 peserta didik (67%) dan jumlah peserta didik yang belum tuntas adalah 10 peserta didik (33%). Pada siklus II, jumlah peserta didik yang tuntas adalah 25 peserta didik (83%) dan jumlah peserta didik yang belum tuntas adalah 5 peserta didik (17%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas VIII SMP N 1 Kebumen setelah diterapkan model Problem-Based Learning pada materi pola bilangan
Copyrights © 2022