SWARNADWIPA: Jurnal Kajian Sejarah, Sosial, Budaya, dan Pembelajarannya
Vol 7, No 2 (2023): SWARNADWIPA

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBASIS GAME EDUKASI ONLINE UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SEJARAH

Sutriati, Ani (Unknown)
Pranoto, Hadi (Unknown)
Cahyono, Heri (Unknown)
Aryani, Rita (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat belajar sejarah peserta didik kelas X.E.2, untuk mengatasi permasalahan perlu dilakukan tindakan dalam proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Times Games Tournament (TGT). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan minat belajar sejarah peserta didik melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Times Games Tournament (TGT) di SMAN 1 Pringsewu. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus pembelajaran, siklus I dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan yang dalam setiap siklusnya terdiri atas 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X.E.2 SMAN 1 Pringsewu yang berjumlah 36 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan minat belajar sejarah dengan penerapan model Times Games Tournament (TGT) sebesar 14,26%. Sedangkan untuk hasil belajar mengalami peningkatan setelah penerapan model Times Games Tournament (TGT) sebesar 15,41%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

swarnadwipa

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Social Sciences

Description

The focus and scope of this journal are: Deep History: This journal explores history with an in-depth approach to unearth valuable pieces of the past that influenced the development of society and culture. Social Dynamics: Involves careful analysis of changes and evolution in social structures, ...