Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat
Vol 9 No 1 (2024): Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat

Pelatihan Pemanfaatan Google Translate dalam Pembelajaran Bahasa Inggris

Saefullah, Hilmansyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Nov 2023

Abstract

Pembelajaran bahasa asing di era perkembangan teknologi saat ini bisa dibantu dengan aplikasi dan web dalam rangka peningkatan kompetensi. Salah satu teknologi yang mudah diakses dan bisa mendukung pembelajaran bahasa Inggris adalah Google Translate. Namun demikian, dalam konteks pembelajaran bahasa Inggris, teknologi ini banyak digunakan oleh tenaga dan peserta didik hanya sebagai penerjemahan. Padahal masih banyak fitur-fitur yang tersedia untuk dimanfaatkan dalam pembelajaran bahasa Inggris. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan dengan tujuan memaksimalkan penggunaan fitur-fitur yang terdapat dalam Google Translate dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Inggris. Kegiatan ini dilaksanakan di SMK Rosma Karawang yang dihadiri oleh 30 orang siswa dan 2 orang guru bahasa Inggris. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah metode pelatihan dengan pendekatan audience centred. Hasil dari pelatihan ini menunjukkan bahwa para peserta bisa mempraktikkan beberapa fitur Google Translate dalam pembelajaran bahasa Inggris. Kegiatan ini juga mampu meningkatkan literasi teknologi bagi guru dan siswa untuk pembelajaran bahasa Inggris. Kegiatan ini sekaligus memberikan kontribusi bagi profesionalisme guru dan kemandirian belajar bagi siswa. Foreign language learning in today’s era of technology development can be aided by application or web for competence enhancement. One easily accessible technology that can support foreign language learning is Google Translate. However, in the context of English language learning, this technology is mostly used by the teachers and students as only for translation. This community service was conducted with the aim of maximizing the use of several features in Google Translate in order to improve the quality of English learning. This activity was conducted at a Vocational High School of Rosma Karawang attended by 30 students and 2 English teachers. The method employed in this activity is training method with audience centred approach. The result of this activity reveals that the participants can practice some features in Google Translate for the English learning. This activity is also able to enhance technology literacy for the teachers and the students for English learning. This activity can also contribute to the teachers’ professionalism and the students’ independent learning.

Copyrights © 2024