SEIKAT: Jurnal Ilmu Sosial, Politik dan Hukum
Vol. 3 No. 1 (2024): SEIKAT: Jurnal Ilmu Sosial, Politik dan Hukum, Februari 2024

Quality of Tourism Services in Creating Visitor Satisfaction : A Case Study on the Revitalization of Taman Mini Indonesia Indah

Sandra, Jana (Unknown)
Suryana, Ade (Unknown)
Sunarmin, Sunarmin (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jan 2024

Abstract

Kepuasan wisatawan menjadi acuan keberhasilan perusahaan dalam memberikan pelayanannya pada konsumen. Obyek wisata pertama di Indonesia yang bertemakan budaya, salah satunya adalah Taman Mini Indonesia Indah (TMII), yang baru selesai direvitalisasi pada tahun 2022 lalu. Setelah revitalisasi, ternyata masih banyak keluhan dari pengunjung terkait kualitas produk wisata dan pelayanannya. Penelitian ini ditujukan untuk menjawab pertanyaan aspek-aspek apa yang dikeluhkan oleh pengunjung dan apa solusi yang harus dilakukan oleh pihak pengelola. Ini adalah sebuah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus.  Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam terhadap 20 pengunjung yang terdiri atas kaum remaja, dewasa, lansia dan penyandang disabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  pelayanan kepariwisataan setelah TMII direvitalisasi ternyata belum dapat memberikan kepuasan kepada pengunjung. TMII belum dapat memenuhi kebutuhan pengunjung baik dari sisi kualitas produk maupun kualitas pelayanannya. TMII juga dianggap belum cukup ramah kepada lansia dan penyandang disabilitas.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

seikat

Publisher

Subject

Arts Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

SEIKAT: Jurnal Ilmu Sosial, Politik dan Hukum (SJISPH) is an open access, and peer-reviewed journal, with the online registered number E-ISSN 2964-0962. Our main goal is to disseminate current and original articles from researchers and practitioners on various contemporary social, political and law ...