Kepuasan wisatawan menjadi acuan keberhasilan perusahaan dalam memberikan pelayanannya pada konsumen. Obyek wisata pertama di Indonesia yang bertemakan budaya, salah satunya adalah Taman Mini Indonesia Indah (TMII), yang baru selesai direvitalisasi pada tahun 2022 lalu. Setelah revitalisasi, ternyata masih banyak keluhan dari pengunjung terkait kualitas produk wisata dan pelayanannya. Penelitian ini ditujukan untuk menjawab pertanyaan aspek-aspek apa yang dikeluhkan oleh pengunjung dan apa solusi yang harus dilakukan oleh pihak pengelola. Ini adalah sebuah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam terhadap 20 pengunjung yang terdiri atas kaum remaja, dewasa, lansia dan penyandang disabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan kepariwisataan setelah TMII direvitalisasi ternyata belum dapat memberikan kepuasan kepada pengunjung. TMII belum dapat memenuhi kebutuhan pengunjung baik dari sisi kualitas produk maupun kualitas pelayanannya. TMII juga dianggap belum cukup ramah kepada lansia dan penyandang disabilitas.
Copyrights © 2024