Journal Of Human And Education (JAHE)
Vol. 4 No. 1 (2024): Journal Of Human And Education (JAHE)

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Terhadap Kemampuan Berpikir Kronologis Siswa Dalam Pembelajaran Sejarah Kelas X RPL Di SMKN 4 Kota Tangerang

Sukma Aji Pamungkas (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Agus Rustamana (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Ana Nurhasanah (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
21 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan dan pengaruh dari penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture terhadap kemampuan berpikir kronologis siswa dalam pembelajaran sejarah di kelas X RPL SMKN 4 Kota Tangerang. Metode penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi-experiment) dengan desain “pretest postest control group design” yang mana ada dua kelompok yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Terdapat dua hasil penelitian, 1) Dalam hasil penerapan penggunaan model kooperatif tipe picture and picture oleh siswa maupun guru, kegiatan berjalan selama tiga pertemuan, dengan materi yang berbeda disetiap pertemuan. Hasilnya siswa melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan baik serta aktif, dan dapat mengurutkan gambar secara kronologis sesuai dengan kaidah dari tipe picture and picture, model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture juga membantu guru dalam menyampaikan materi kepada siswa dengan cara yang lebih mudah dan terarah. 2) Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 63,3 dan 56,2 pada kelas kontrol, terlihat dari hasil analisis data yang telah dilakukan uji – T dengan hasil uji hipotesis yaitu diperoleh Sig.(2-tailed) = 0,01 > 0,05, maka berarti hipotesis diterima yang mana terdapat pengaruh dari penggunaan model pembelajaran tipe picture and picture terhadap kemampuan berpikir kronologis siswa dalam pembelajaran sejarah. Kata Kunci: Pembelajaran Sejarah, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe picture and picture, Kemampuan Berpikir Kronologis

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jahe

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Journal of Human And Education (JAHE) merupakan wadah penerbitan naskah ilmiah terbaik mengenai kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat. Naskah ini diharapkan dapat memuat berbagai kegiatan dalam menghadapi dan mengelola berbagai potensi, hambatan, tantangan dan permasalahan yang ada di masyarakat ...