Assertive : Islamic Counseling Journal
Vol. 1 No. 1 (2022): Assertive: Islamic Counseling Journal | Januari - Juni 2022

Bimbingan Klasikal: Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

Diah Ayu Harumbina (UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto, Indonesia)
Dinda Rizki Khoirunnisa (Unknown)
Siti Maryam (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh adanya bimbingan klasikal terhadap peningkatan motivasi belajar siswa SD Negeri 2 Cidora, Lumbir, Banyumas. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunkan desain penelitian one group pre-test & post-test dengan menggunakan uji analisis data Wilcoxon Sign Rank Test menggunakan batuan alat SPSS 26. Hasil yang diperoleh beradasarkan analisis data yang dilakukan adalah nilai Asymp. Sig (2-tailed) yaitu 0.002 lebih dari kecil dari 0.05, maka hasil hipotesis ha diterima dan ho ditolak. Artinya terdapat perbedaan hasil pre-test dan post-test yang signifikan. Berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan bimbingan klasikal pada siswa kelas 6 SD Negeri 2 Cidora, Lumbir, Banyumas memiliki peningkatan dalam motivasi belajar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

assertive

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Assertive: Islamic Counseling Journal a scientific journal in collaboration with PABKI, with a focus on the study of Islamic Guidance and Counseling, Guidance and Counseling, Cyber Counseling, Indigenous Counseling. Assertive: Islamic Counseling Journal is a journal published by Islamic guidance and ...