IDEA: Jurnal Seni Pertunjukan
Vol 17, No 2 (2023): Vol 17, No 2 (2023)

Instrumen Unconventional sebagai Media Pembelajaran Musik di Pendidikan Anak Usia Dini Mawar Bojonegoro

Wijaya, Mawar Bojonegoro Annisa Alya (Unknown)
Yunita, Ayu Tresna (Unknown)
Ramafisela, Lingga (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2023

Abstract

Instrumen unconventional merupakan sebuah media pembelajaran berupa alat musik yang dibuat melalui pemikiran kreatif untuk menunjang pembelajaran musik di pendidikan anak usia dini (PAUD). Instrumen unconventional yang dimaksud dengan memanfaatkan barang yang ada di sekitar lingkungan. Pembelajaran musik pada PAUD mempelajari tentang materi irama atau ritme. Musik yang diajarkan di PAUD dilakukan untuk menambah pengalaman bermusik melalui eksplorasi bunyi dan tidak menjadikan anak seorang musisi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru PAUD dan anak usia 3-4 tahun dengan jumlah 8 anak. Pengumpulan data yang dilakukan melalui Teknik observasi, wawancara, dan studi dokumen, dengan teknis analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan instrumen unconventional relevan sebagai media pembelajaran musik pada PAUD dengan menyesuaikan tema pembelajaran pada setiap pertemuannya. Unconventional Instrument as Music Learning Media at PAUD Mawar BojonegoroUnconventional instrument is a learning media in the form of musical instruments made through creative thinking to support music learning in early childhood education (PAUD). Unconventional instrument are meant by utilizing goods that are around the environment. Music lessons in PAUD learn about rhythm. Music that taught in PAUD is to add musical experience through sound exploration and not make a children to be a musician. This research method uses a qualitative method with a case study approach. The subjects of this research are PAUD teachers and children aged 3-4 years with a total of 8 children. The data obtained through observation, interviews, and document studies, with technical data analysis through data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results show that the use of unconventional instruments is relevant as a music learning media at PAUD by adjusting the learning theme at each meeting.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

IDEA

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Other

Description

IDEA draws its contributions from academics and practitioner-researchers at the interface of the performing arts. It acts as a forum for critical study, innovative practice, and creative pedagogy, addressing themes that may be domain-specific (e.g., dance, music, theatre, puppets, karawitan, ...