Jurnal Riset dan Praktik Pendidikan Kimia
Vol 11, No 2 (2023)

Persepsi Siswa Tentang Profil Emphaty dan Mindfulness Guru Kimia Kabupaten Sukabumi

Syifa Ayugea Salsabila (SMA Negeri 1 Parungkuda Sukabumi, Indonesia)
Eneng Saidatus Syadiah (SMA Al-Atiqiyah Sukabumi, Indonesia)
Hernani Hernani (Universitas Pendidikan Indonesia)
Fitri Khoerunnisa (Universitas Pendidikan Indonesia)
Soja Siti Fatimah (Universitas Pendidikan Indonesia)
Devi Pratiwi Sudrajat (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
20 Nov 2023

Abstract

Dalam proses pembelajaran di abad ke 21 menekankan proses yang berpusat pada siswa (student center). Berbagai pendekatan yang dilakukan oleh guru agar siswa tidak mengalami tekanan/stres dalam pembelajaran, diantaranya dengan pendekatan emphaty dan mindfulness Penelitian ini mendeskripsikan profil emphaty dan mindfulness dalam pembelajaran kimia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah desktiptif dan naratif berdasarkan hasil pengamatan siswa terhadap subjek penelitian sesuai fakta ketika siswa mengikuti pembelajaran kimia di kelas. Instrumen yang digunakan berupa lembar skala sikap menggunakan model Guttman (dua pilihan jawaban ya/tidak) serta uraian terbatas melalui spreadsheet dalam google-form. Hasil penelitian menunjukkan hampir seluruh guru kimia sudah menerapkan pendekatan emphaty dan mindfulness di kelas dengan saran perbaikan berupa menjalin hubungan dan komunikasi yang lebih baik serta memberi saran dan solusi terhadap masalah yang dihadapi siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JRPPK

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

Jurnal “Riset dan Praktik Pendidikan Kimia” adalah jurnal berkala yang terbit satu tahun 2 kali pada setiap bulan April dan Oktober, diterbitkan oleh Masyarakat Pendidikan Kimia Indonesia (MAPIKI). Jurnal “Riset dan Praktik Pendidikan Kimia” fokus pada hasil studi bidang pendidikan kimia. ...