Abstrak: Matematika merupakan mata pelajaran yang sangat penting untuk dipelajari oleh siswa. Tetapi, pada kenyataannya masih banyak siswa yang hasil belajar matematikanya rendah. Salah satu penyebabnya adalah lemahnya kemampuan mengkomunikasikan ide-ide/gagasan secara tertulis pada saat diberikan soal-soal uraian yang jawabannya harus dijelaskan secara sistematis. Hal itu disebabkan oleh kemampuan menulis matematis siswa yang merupakan bagian dari aspek komunikasi belum dikembangkan secara optimal. Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan menulis matematis siswa adalah dengan pembelajaran kolaboratif melalui strategi Writing from A Prompt (WfAP) dan strategi Writing in Performance Tasks (WiPT). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kolaboratif melalui strategi WfAP dan strategi WiPT terhadap peningkatan kemampuan menulis matematis siswa SMP. Menurut metodenya, penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji ANOVA satu jalur dan uji Scheffe. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa ada perbedaan kemampuan menulis matematis siswa yang memperoleh pembelajaran kolaboratif melalui strategi WfAP, pembelajaran kolaboratif melalui strategi WiPT, dan pembelajaran konvensional. Kemampuan menulis matematis siswa yang memperoleh pembelajaran kolaboratif melalui strategi WfAP dan pembelajaran kolaboratif melalui strategi WiPT lebih baik dari siswa yang belajar dengan menggunakan pendekatan konvensional. Abstract: Mathematics is a very important lesson to learn by students. But, in the reality most of the students are get low result in mathematics. One of the problem is the weakness of the skill to communicate the ideas systematically. It caused by the mathematical writing skill of the students as part of communication aspects have not been developed optimally. One of teaching alternatives that can be used to increase the students’ mathematical writing skill is a collaborative teaching through Writing from A Prompt (WfAP) strategies and Writing in Performance Tasks (WiPT) strategies. The purpose of this research is to know the influence of collaborative teaching through WfAP and WiPT strategies toward the improvement of mathematical writing skill at junior high school students. This research method use experiment research and the data analysis of this research use one way ANOVA-test, and Scheffe-test. Based on the data analysis can be concluded that there are some differences between the mathematical writing skill of the students who get collaborative teaching through WfAP strategies, collaborative teaching through WiPT strategies, and convensional teaching approach. The mathematical writing skills of the students who get collaborative teaching through WfAP strategies and collaborative teaching through WiPT strategies are better than those of students who study by using convensional teaching approach.
Copyrights © 2012