Kemampuan pemahaman konsep merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh peserta didik. Oleh sebab itu sebagai seorang pendidik, guru harus dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep selama proses pembelajaran. Namun pada kenyataanya terdapat hambatan berupa kecemasan yang dialami oleh peserta didik yang tidak diketahui oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep peserta didik ditinjau berdasarkan kecemasan matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian berjumlah 6 orang peserta didik yang dipilih dari tiap kategori kecemasan matematika. Instrumen pendukung dalam penelitian ini meliputi: 1) Angket Kecemasan Matematika; 2) Tes Kemampuan Pemahaman Konsep; 3) Pedoman Wawancara. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa peserta didik dengan tingkat kecemasan matematika rendah yaitu S1 dan S2 dapat memenuhi 4 dari 5 indikator pemahaman konsep; peserta didik dengan tingkat kecemasan matematika sedang yaitu S6 mampu memenuhi 3 dari 5 indikaor pemahaman dan S16 mampu memenuhi 2 dari 5 indikator pemahaman konsep; peserta didik dengan tingkat kecemasan matematika tinggi yaitu S11dan S20 tidak dapat memenuhi semua indikator pemahaman konsep
Copyrights © 2023