Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI)
Vol. 1 No. 1 (2023): Oktober

PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN POSTER SESSION (Membuat Poster)  DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SEKOLAH

Kurnia Eka Sari (Unknown)
Robby Setiawan (Unknown)
Supardi Ritonga (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Dec 2023

Abstract

Proses  pembelajaran yang masih menggunakan format ceramah sehingga menimbulkan kendala dalam proses pembelajaran dan cenderung membuat kelas menjadi pasif. Kegiatan pembelajaran yang tetap menggunakan ceramah  tidak akan meningkatkan aktivitas belajar siswa. Cara lain untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa adalah dengan menggunakan model pembelajaran poster session. Pertanyaan dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran poster session dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran. Aktivitas siswa meningkat, termasuk kemampuan siswa dalam berpartisipasi dalam proses pembelajaran, seperti berdiskusi, bertanya, dan menjawab pertanyaan  guru. Dalam kegiatan diskusi  poster, siswa hendaknya berperan aktif selama kegiatan, mengkoordinasikan kelompok agar setiap anggota dapat bekerja sama, menghubungkan isi pembelajaran dengan fenomena sosial,  menjawab pertanyaan diskusi, dan menyajikan dengan berani. Hasil diskusi di depan kelas. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran sosiologi  dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran poster session.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jppi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI) adalah jurnal peer-review akses terbuka, yang diterbitkan oleh Publikasi Inspirasi Indonesia. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia adalah platform bagi para peneliti, akademisi, profesional, praktisi, dan mahasiswa untuk menyebarkan dan berbagi ...