Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan buku pengayaan kimia asam basauntuk peserta didik SMA/MA kelas XI berdasarkan kurikulum 2013 sebagai sumberbelajar mandiri, serta mengetahui kualitas buku pengayaan ditinjau dari komponen isi,penyajian serta bahasa dan gambar berdasarkan penilaian 5 guru kimia SMA/MA.Penelitian ini menggunakan model pengembangan prosedural. Prosedur pengembanganmeliputi 4 tahap, yaitu tahap perencanaan, pengor-ganisasian, pelaksanaan, dan penilaian.Produk awal ditinjau oleh 3 peer reviewer, 1 dosen kimia yang bertindak sebagai ahlimateri sekaligus ahli media. Produk akhir dinilai oleh 5 reviewer, yaitu guru kimiaSMA/MA di Kulon Progo. Hasil penelitian berupa buku pengayaan kimia asam basa.Berdasarkan penilaian 5 reviewer, buku pengayaan ini mempunyai kualitas sangat baikdengan skor rata-rata 4,23 dan persentase keidealan 84,5 %. Dengan demikian bukupengayaan kimia asam basa ini layak digunakan sebagai sumber belajar mandiri untukpeserta didik SMA/MA.
Copyrights © 2017