Technological Pedagogical Content Knowledge
Vol 5, No 1 (2016): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (February, 2016)

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK IPA DENGAN PENDEKATAN GUIDED INQUIRY PADA MATERI “TATA SURYA” UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SISWA

Islamiar Nur Rani (Unknown)
Paidi Paidi (Jurusan Pendidikan IPA UNY)



Article Info

Publish Date
23 Feb 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan LKPD IPA dengan pendekatan guided inquiry pada materi Tata Surya yang telah dikembangkan untuk meningkatkan keterampilan proses siswa. Penelitian dilakukan dengan metode RD (Research and Development) yang dikemukakan oleh Thiagarajan (1974). Hasil penelitian 1) LKPD telah memenuhi kelayakan berdasarkan penilaian oleh dosen ahli dan guru IPA dengan kategori sangat baik (A) untuk meningkatkan keterampilan proses siswa. 2) LKPD dapat meningkatkan keterampilan proses siswa dengan kategori sedang berdasarkan indikator mengamati, mengklasifikasikan, mengukur, menyusun hipotesis, menyimpulkan,dan mengkomunikasikan. Kata Kunci : LKPD, Keterampilan Proses Siswa, IPA, Tata Surya

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

ipa

Publisher

Subject

Education

Description

The scope of this journal is the integration of technology, pedagogy and science content in its implementation in science learning, curriculum, media, technology, students, teachers and education personnel, assessment, evaluation, development, and policies related to science ...