Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan LKS berbasis pendekatan inquirypada materi turunan fungsi trigonometri untuk kelas XI IPA yang memiliki kualifikasi yang baik. LKSyang baik dinilai dari aspek kevalidan, kepraktisan dan keefektifan LKS. Penelitian yang digunakanadalah jenis penelitian pengembangan dengan mengikuti tahap-tahap ADDIE yang terdiri dari 5 tahapyaitu analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi(implementation) dan evaluasi (evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMANegeri 3, uji coba dilakukan kepada kelas XI IPA 2 yang berjumlah 33 siswa. LKS yangdikembangkan diawali dengan masalah yang dapat menfasilitasi agar siswa dapat merumuskanmasalah, merumuskan hipotesis, mengumpulkan data dan menguji hipotesis, dan yang terakhirmenyimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan LKS yang dikembangkan valid dengan perolehan rataratapenilaian yaitu 3,15 , LKS praktis dengan rata-rata penilaian yaitu 3,20, LKS efektif dilihat daripersentase ketuntasan belajar siswa dengan persentase ketuntasan belajar 70%.Kata kunci: LKS, inquiry, turunan fungsi trigonometri
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2017