Jurnal Pedagogi Matematika
Vol 6, No 5 (2017): Jurnal Pendidikan Matematika

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PENDEKATAN INQUIRY PADA MATERI TURUNAN FUNGSI TRIGONOMETRI UNTUK KELAS XI

Fauzul Muna Afani (Unknown)
Rosnawati . (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Sep 2017

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan LKS berbasis pendekatan inquirypada materi turunan fungsi trigonometri untuk kelas XI IPA yang memiliki kualifikasi yang baik. LKSyang baik dinilai dari aspek kevalidan, kepraktisan dan keefektifan LKS. Penelitian yang digunakanadalah jenis penelitian pengembangan dengan mengikuti tahap-tahap ADDIE yang terdiri dari 5 tahapyaitu analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi(implementation) dan evaluasi (evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMANegeri 3, uji coba dilakukan kepada kelas XI IPA 2 yang berjumlah 33 siswa. LKS yangdikembangkan diawali dengan masalah yang dapat menfasilitasi agar siswa dapat merumuskanmasalah, merumuskan hipotesis, mengumpulkan data dan menguji hipotesis, dan yang terakhirmenyimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan LKS yang dikembangkan valid dengan perolehan rataratapenilaian yaitu 3,15 , LKS praktis dengan rata-rata penilaian yaitu 3,20, LKS efektif dilihat daripersentase ketuntasan belajar siswa dengan persentase ketuntasan belajar 70%.Kata kunci: LKS, inquiry, turunan fungsi trigonometri

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pedagogi Matematika ini menerbitkan karya-karya ilmiah dalam bentuk artikel hasil penelitian empiris, hasil kajian sistematik, resensi jurnal, atau letter-to-editor di bidang pendidikan matematika. Ruang lingkup jurnal ini adalah pendidikan matematika, termasuk pembelajaran, kurikulum, media, ...