Technological Pedagogical Content Knowledge
Vol 5, No 7 (2016): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (August, 2016)

PENGEMBANGAN LKPD IPA BERBANTUAN DIAGRAM VEE DENGAN PENDEKATAN AUTHENTIC INQUIRY LEARNING

Sofyan Dwi, Nugroho (Unknown)
Maryanto, Allesus (Unknown)
Anjarsari, Putri (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan LKPD IPA berbantuan diagram Vee dengan pendekatan authentic inquiry learning, mengetahui peningkatan keterampilanproblem solvingserta sikap peduli lingkungan peserta didik dengan menggunakan LKPD yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development dengan mengadaptasi langkah-langkah 4D (Define, Design, Develop, Disseminate).Hasil penelitian pengembangan LKPD IPA berdasarkan penilaian dosen ahli dan guru IPA ditinjau dari kelayakan isi, kebahasaan, penyajian dan kegrafikan memperoleh kategori sangat baik sehingga layak digunakan dalam pembelajaran. LKPD IPA hasil pengembangan dapat meningkatkan keterampilanproblem solving dibuktikan dengan  gain score sebesar 0,79 dengan kategori tinggi. LKPD IPA juga telah terbukti meningkatkan sikap peduli lingkungan peserta didik dibuktikan berdasarkan angket diperoleh persentase 69,92% dengan kategori cukup meningkat menjadi 88,75% dengan kategori sangat baik. Kata Kunci: LKPD IPA, authentic inquiry learning, problem solving, sikappeduli lingkungan

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

ipa

Publisher

Subject

Education

Description

The scope of this journal is the integration of technology, pedagogy and science content in its implementation in science learning, curriculum, media, technology, students, teachers and education personnel, assessment, evaluation, development, and policies related to science ...