Jurnal Pedagogi Matematika
Vol 5, No 5 (2016): Jurnal Pendidikan Matematika

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI LOGIKA UNTUK SMA KELAS X

Hanifah Aabidah Fakhrunnisaa (Unknown)
Ali Mahmudi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2016

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika berupa RPP dan LKS dengan pendekatan kontestual pada materi logika untuk SMA kelas X serta mendeskripsikan kualitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan ditinjau dari aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Prosedur pengembangan perangkat pembelajaran mengacu pada model pengembangan ADDIE yang meliputi analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Subjek penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Cangkringan, Sleman kelas XA. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data kualitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan yaitu: 1) lembar penilaian RPP dan LKS untuk mengukur kevalidan, 2) angket respon dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran untuk mengukur kepraktisan, dan 3) soal tes hasil belajar siswa untuk mengukur keefektifan. Kualitas kevalidan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria valid ditunjukkan oleh skor rata-rata RPP yaitu 4,29 dari skor maksimal 5 yang berarti sangat baik dan skor rata-rata LKS yaitu 4,15 dari skor maksimal 5 yang berarti baik. Kualitas kepraktisan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria praktis ditunjukkan oleh skor rata-rata angket respon siswa yaitu 4 dari skor maksimal 5 yang berarti baik, skor rata-rata angket respon guru yaitu 4,69 dari skor maksimal 5 yang berarti sangat baik, dan persentase rata-rata hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran yaitu 92,55 % yang berarti sangat baik. Kualitas keefektifan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria efektif ditunjukkan oleh persentase ketuntasan siswa yaitu 79,17 % yang berarti baik.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pedagogi Matematika ini menerbitkan karya-karya ilmiah dalam bentuk artikel hasil penelitian empiris, hasil kajian sistematik, resensi jurnal, atau letter-to-editor di bidang pendidikan matematika. Ruang lingkup jurnal ini adalah pendidikan matematika, termasuk pembelajaran, kurikulum, media, ...