Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dalam bidang pendidikan kimia. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan buku pedoman guru yang berisikan eksperimen kimia di kehidupan sehari-hari dan mengetahui kelayakan media pembelajaran berdasarkan penilaian 5 guru SMA. Dalam pengembangan buku eksperimen kimia peneliti menggunakan metode ADDIE yang terdiri dari 4 tahap, yaitu analisis, perencanaan, pengembangan dan implementasi. Buku eksperimen kimia yang telah dibuat kemudian divalidasi oleh dosen pembimbing, ahli media, ahli materi dan pembelajaran kimia. Kemudian produk dinilai oleh 5 guru kimia SMA sebagai reviewerKualitas buku eksperimen kimia dapat diketahui melalui penilaian lima guru kimia SMA yang ditinjau dari aspek isi, aspek kebahasaan, aspek penyajian, efek media terhadap strategi pembelajaran dan tampilan. Buku eksperimen kimia yang dikembangkan mendapat skor rata-rata 4,14 dari skor maksimal ideal 5 dengan kategori baik (B).
Copyrights © 2023