AbstrakTujuan penelitian ini yaitu mengembangkan media pembelajaran kimia berbasis buku Pop Up materi bahannon pangan sebagai sumber belajar mandiri untuk anak tunarungu di SLB dan mengetahui kualitas mediapembelajaran bagi anak tunarungu yang disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik. Penelitian pengembangan inimenggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan,tahap implementasi, dan tahap evaluasi. Hasil penelitian pengembangan ini berupa Chemistry Pop Up Book materibahan non pangan sebagai media pembelajaran mandiri untuk anak tunarungu. Berdasarkan penilaian reviewer,media pembelajaran Chemistry Pop Up Book termasuk dalam kategori sangat baik (SB) pada setiap aspek. Aspekmateri memperoleh skor rata-rata 27,4 dan persentase keidealan sebesar 91,33%, pada aspek penyajian memperolehskor rata-rata 74,4 dengan persentase keidealan sebesar 93%, serta aspek bahasa dan gambar memperoleh skor ratarata54,4 dengan persentase keidealan sebesar 90,67%.Kata kunci: Chemistry Pop Up Book, bahan non pangan, ADDIE, media pembelajaran mandiri, anak tunarungu
Copyrights © 2018