Jurnal Riset Pembelajaran Kimia
Vol 7, No 5 (2018): Jurnal Pembelajaran Kimia

PENGEMBANGAN CHEMISTRY POP UP MATERI BAHAN NON PANGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI ANAK TUNARUNGU

Diah Utami (Unknown)
Susila Kristianingrum (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2018

Abstract

AbstrakTujuan penelitian ini yaitu mengembangkan media pembelajaran kimia berbasis buku Pop Up materi bahannon pangan sebagai sumber belajar mandiri untuk anak tunarungu di SLB dan mengetahui kualitas mediapembelajaran bagi anak tunarungu yang disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik. Penelitian pengembangan inimenggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan,tahap implementasi, dan tahap evaluasi. Hasil penelitian pengembangan ini berupa Chemistry Pop Up Book materibahan non pangan sebagai media pembelajaran mandiri untuk anak tunarungu. Berdasarkan penilaian reviewer,media pembelajaran Chemistry Pop Up Book termasuk dalam kategori sangat baik (SB) pada setiap aspek. Aspekmateri memperoleh skor rata-rata 27,4 dan persentase keidealan sebesar 91,33%, pada aspek penyajian memperolehskor rata-rata 74,4 dengan persentase keidealan sebesar 93%, serta aspek bahasa dan gambar memperoleh skor ratarata54,4 dengan persentase keidealan sebesar 90,67%.Kata kunci: Chemistry Pop Up Book, bahan non pangan, ADDIE, media pembelajaran mandiri, anak tunarungu

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jrpk

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

Jurnal Riset Pembelajaran Kimia (JRPK) merupakan jurnal yang dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Kimia, FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal ini menerbitkan artikel ilmiah hasil penelitian empiris dalam bidang pembelajaran kimia. Prosedur ...