Penelitian penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NumberedHeads Together (NHT) telah dilakukan untuk menentukan peningkatan motivasipeserta didik dan prestasi belajar kimia pada materi sistem periodik unsur di kelasX SMA Negeri 2 Yogyakarta tahun ajaran 2016/2017. Penelitian merupakanbentuk penelitian eksperimental dengan semua peserta didik dari X IPA SMANegeri 2 Yogyakarta sebagai populasi dan kelas sampel adalah XMIIA 2 sebagaikelas eksperimen dan XMIIA 5 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimenditerapkan model pembelajaran kooperatif NHT, sementara kelas kontrolditerapkan model ekspositori dan tanya jawab. Analisis data yang digunakanadalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t sama subjek, uji t beda subjek dananakova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada peningkatan motivasibelajar kimia peserta didik setelah mengikuti pembelajaran dengan model NHT(2) Ada perbedaan peningkatan motivasi belajar kimia peserta didik yangmengikuti proses pembelajaran dengan model pembelajaran NHT denganpembelajaran dengan model ekspositori dan tanya jawab (3) Ada perbedaanpeningkatan yang signifikan pada prestasi belajar kimia peserta didik yangmengikuti proses pembelajaran dengan model pembelajaran NHT denganpembelajaran dengan model ekspositori dan tanya jawab
Copyrights © 2017