Jurnal Pedagogi Matematika
Vol 6, No 6 (2017): Jurnal Pendidikan Matematika

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP

Fadila Dyah Rahmawati (Unknown)
Marsigit . (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Sep 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kualitas bahan ajar yang dikembangkan berupaLembar Kerja Siswa (LKS) berbasis etnomatematika untuk pembelajaran matematika kelas VII SMP. Adatiga aspek kualitas yang diteliti yaitu, kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Jenis penelitian ini adalahjenis penelitian pengembangan yang menghasilkan produk berupa bahan ajar berbasis etnomatematikapada materi segitiga berupa LKS. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalahmodel ADDIE yang meliputi lima tahap, yakni analysis (analisis), design (perancangan), development(pengembangan), implementation (implementasi) dan evaluation (evaluasi). Hasil penelitian menunjukkanbahwa bahan ajar ini memiliki nilai kevalidan dengan rata-rata skor 3,52 dari rata-rata skor maksimal 5dan juga praktis dipakai dengan rata-rata skor 3,83 dari rata-rata skor maksimal 5. Kemudian bahan ajarini efektif berdasarkan hasil post test yang menunjukkan rata-rata nilai tes 71,79 dengan presentaseketuntasan siswa 50% dan hasil angket motivasi siswa kelas VII B SMP Piri Ngaglik yang menunjukkanrata-rata motivasi siswa 3,49 dari rata-rata maksimal 5.Kata Kunci: pengembangan, bahan ajar, etnomatematika, segitiga, prestasi belajar, motivasi belajar.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pedagogi Matematika ini menerbitkan karya-karya ilmiah dalam bentuk artikel hasil penelitian empiris, hasil kajian sistematik, resensi jurnal, atau letter-to-editor di bidang pendidikan matematika. Ruang lingkup jurnal ini adalah pendidikan matematika, termasuk pembelajaran, kurikulum, media, ...