Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kualitas bahan ajar yang dikembangkan berupaLembar Kerja Siswa (LKS) berbasis etnomatematika untuk pembelajaran matematika kelas VII SMP. Adatiga aspek kualitas yang diteliti yaitu, kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Jenis penelitian ini adalahjenis penelitian pengembangan yang menghasilkan produk berupa bahan ajar berbasis etnomatematikapada materi segitiga berupa LKS. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalahmodel ADDIE yang meliputi lima tahap, yakni analysis (analisis), design (perancangan), development(pengembangan), implementation (implementasi) dan evaluation (evaluasi). Hasil penelitian menunjukkanbahwa bahan ajar ini memiliki nilai kevalidan dengan rata-rata skor 3,52 dari rata-rata skor maksimal 5dan juga praktis dipakai dengan rata-rata skor 3,83 dari rata-rata skor maksimal 5. Kemudian bahan ajarini efektif berdasarkan hasil post test yang menunjukkan rata-rata nilai tes 71,79 dengan presentaseketuntasan siswa 50% dan hasil angket motivasi siswa kelas VII B SMP Piri Ngaglik yang menunjukkanrata-rata motivasi siswa 3,49 dari rata-rata maksimal 5.Kata Kunci: pengembangan, bahan ajar, etnomatematika, segitiga, prestasi belajar, motivasi belajar.
Copyrights © 2017