Jurnal Riset Pembelajaran Kimia
Vol 8, No 2 (2023): Jurnal Riset Pembelajaran Kimia

IDENTIFIKASI MISKONSEPSI TERMOKIMIA MENGGUNAKAN TES DIAGNOSTIK PADA PESERTA DIDIK SMA KELAS XI MIPA

Ririn Widyaningsih (Universitas Negeri Yogyakarta)
Heru Pratomo Aloysius (Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
16 Jan 2024

Abstract

Miskonsepsi masih menjadi topik yang banyak diteliti sampai saat ini. Menganalisis miskonsepsi dapat membantu untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan peserta didik pada suatu materi pembelajaran tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis miskonsepsi yang dialami peserta didik dalam materi termokimia. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan metode survey. Untuk mengidentifikasi miskonsepsi, peneliti menggunakan tes diagnostik berupa tes pilihan ganda dengan alasan terbuka. Populasi sebanyak 144 peserta didik dan diambil 70 peserta didik dijadikan sampel penelitian yang diambil menggunakan teknik random sampling. Analisis data dilakukan secara deskriptif yang diinterpretasikan dalam bentuk persentase. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peserta didik mengalami miskonsepsi tertinggi pada konsep penulisan persamaan termokimia dan simbol perubahan entalpi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jrpk

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

Jurnal Riset Pembelajaran Kimia (JRPK) merupakan jurnal yang dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Kimia, FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal ini menerbitkan artikel ilmiah hasil penelitian empiris dalam bidang pembelajaran kimia. Prosedur ...