Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknyaperbedaan motivasi dan prestasi belajar kimia siswa yangmengikuti pembelajaran dengan penerapan PLQ dengan siswayang mengikuti pembelajaran tanpa penerapan PLQ dengantaraf signifikansi 5% di kelas XI SMA N 1 Kalasan tahun ajaran2015/2016 jika pengetahuan awal siswa dikendalikan secarastatistikPenelitian ini termasuk penelitian eksperimen dengandesain quasi experiment yakni Non-Equivalent Group Designdengan satu faktor, dua sampel dan satu kovariabel. Populasipenelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI semester 2 SMA N1 Kalasan tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 136 siswayang terbagi dalam lima kelas. Sampel penelitian ini berjumlah53 siswa yang terbagi dalam dua kelas yaitu kelas eksperimenyang melaksanakan pembelajaran dengan penerapan PLQ (A1)dan kelas kontrol yang melaksanakan pembelajaran tanpapenerapan PLQ (A2). Instrumen yang digunakan dalampenelitian ini berupa instrumen perlakuan dan instrumenpengambilan data. Instrumen perlakuan meliputi RencanaPelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan soal PLQ untuk materiasam basa, sedangkan instrumen pengambilan data meliputi soalprestasi belajar kimia dan angket motivasi belajar kimia yangdiisi oleh peserta didik. Uji teknik analisis data untuk ujipersyaratan hipotesis digunakan uji normalitas dan homogenitas.Pengujian hipotesis menggunakan uji Mankova.Berdasarkanhasil penelitian diperoleh bahwa terdapat perbedaan motivasidan prestasi belajar kimia siswa antara kelas eksperimen dankelas kontrol apabila data pengetahuan awal dikendalikan.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan PLQdapat dikatakan berpengaruh dalam upaya meningkatkanmotivasi prestasi belajar kimia siswa.
Copyrights © 2017