Jurnal Riset Pembelajaran Kimia
Vol 7, No 3 (2018): Jurnal Pembelajaran Kimia

PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIA LAJU REAKSI DALAM BENTUK WEBSITE BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI UNTUK SMA/MA

Suasti Ayu Triwijiastuti (Unknown)
Hari Sutrisno (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2018

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik website sebagai hasil pengembangan, danmengetahui kualitas website ensiklopedia laju reaksi tersebut berdasarkan penilaian guru kimia dan siswa.Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan dengan model prosedural. Prosedur dalam penelitianpengembangan ini mengadaptasi model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, andEvaluation), tetapi peneliti membatasi hanya sampai tahap keempat, yaitu tahap implementasi. WebsiteEnsiklopedia Laju Reaksi Berbasis Multipel Representasi yang dikembangkan memiliki karakteristik (1)dapat diakses secara online dengan alamat website www.lajureaksi.web.id; (2) materi laju reaksi yangdisajikan melibatkan representasi dalam kimia; (3) memiliki menu utama, yaitu home, video, tokoh kimia,info kimia, soal evaluasi, referensi, dan profil. Berdasarkan penilaian guru, website ini memiliki kualitasSangat Baik (SB) dengan rerata skor 119,8 dan presentase keidealan 92,15%. Hasil penilaian siswamemperoleh rerata skor 111,05. Skor termasuk dalam kategori Sangat Baik (SB) dengan presentasekeidealan 85,42%. Penilaian kualitas website mencakup aspek kelayakan materi, kelayakan penyajian,kelayakan bahasa, kelayakan gambar, tampilan dan kemudahan penggunaan website, serta muatanrepresentasi (makroskopik, mikroskopik, simbolik, dan matematik).Kata kunci: ensiklopedia, laju reaksi, multipel representasi, website

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jrpk

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

Jurnal Riset Pembelajaran Kimia (JRPK) merupakan jurnal yang dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Kimia, FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal ini menerbitkan artikel ilmiah hasil penelitian empiris dalam bidang pembelajaran kimia. Prosedur ...