Jurnal Pedagogi Matematika
Vol 6, No 4 (2017): Jurnal Pendidikan Matematika

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA SMP KELAS VII

Siti Mufidah (Unknown)
Ariyadi Wijaya (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2017

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  menghasilkan  perangkat  pembelajaran  matematika  realistik berupa RPP dan LKS pada materi aritmatika sosial untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi  siswa  SMP  kelas  VII.  Selain  itu,  penelitian  ini  mendeskripsikan  kualitas  perangka t pembelajaran  ditinjau  dari  aspek  kevalidan,  kepraktisan,  dan  keefektifan.  Jenis  penelitian  yang dilakukan  adalah  penelitian  pengembangan  dengan  menggunakan  model  ADDIE,  yang  meliputi Analysis,  Design,  Development,  Implementation,  dan  Evaluation.  Instrumen  yang  digunakan  dalam penelitian  yaitu  lembar  penilaian  perangkat  pembelajaran  untuk  mengukur  kevalidan,  angket  respon guru dan angket respon siswa untuk mengukur kepraktisan, dan tes kemampuan berpikir tingkat tinggi untuk  mengukur  keefektifan  perangkat  pembelajaran.   Perangkat  pembelajaran  dikatakan  valid  dan praktis jika minimal memenuhi kriteria baik, sedangkan dikatakan efektif jika persentase  ketuntasan siswa  yang  mencapai  KKM  lebih  dari  75%  dan  nilai  rata -rata  tes  siswa  lebih  dari  atau  sama denganKKM yang ditetapkan yaitu 70. Perangkat pembelajaran diimplementasikan di SMP Negeri 1 Galur dengan objek penelitian siswa kelas VII A.  Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran berupa empat RPP dan satu LKS. Perangkat pembelajaran memenuhi kriteria  valid dengan skor ratarata 4,38 untuk RPP dan 4,34 untuk LKS dari skor maksimal 5,00. Perangkat pembelajaran memenuhi kriteria  praktisdengan  skor  rata-rata  3,70  untuk  angket  respon  guru  dan  3,48  untuk  angket  respon siswa  dari  skor  maksimal  4,00.  Berdasarkan  analisis  hasil  tes  kemampuan  berpikir  tingkat  tinggi, perangkat memenuhi kriteria efektif ditunjukkan dengan persentase ketuntasan siswa sebesar 81,82% dan nilai signifikansi sebesar 0,037 (kurang dari nilai  = 0,05 ).Kata kunci: kemampuan berpikir tingkat tinggi, matematika realistik, perangkat pembelajaran

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pedagogi Matematika ini menerbitkan karya-karya ilmiah dalam bentuk artikel hasil penelitian empiris, hasil kajian sistematik, resensi jurnal, atau letter-to-editor di bidang pendidikan matematika. Ruang lingkup jurnal ini adalah pendidikan matematika, termasuk pembelajaran, kurikulum, media, ...