Jurnal Riset Pembelajaran Kimia
Vol 7, No 2 (2018): Jurnal Pembelajaran Kimia

PENGARUH MODEL CHEMISTRY OUTDOOR ACTIVITY PADA PEMBELAJARAN LARUTAN ASAM DAN BASA TERHADAP KETERAMPILAN KERJA SAMA DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMA

Faiz Amrillah Muhadir (Unknown)
Indyah Sulistyo Arty (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2018

Abstract

AbstrakTujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan keterampilan kerja sama siswa kelas XI SMA yangmengikuti pembelajaran dengan model Chemistry Outdoor Activity, (2) menganalisis perbedaan antara prestasibelajar kimia siswa kelas XI SMA sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran dengan model Chemistry OutdoorActivity. Penelitian ini merupakan penelitian di bidang pendidikan kimia menggunakan desain penelitian preexperimental design dengan jenis pretest and posttest one group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas XIIPA semester 2 SMAN 1 Tempel Kabupaten Sleman tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak 56 orang. Selanjutnyasampel ditentukan dengan teknik sampling jenuh, yaitu jika seluruh anggota populasi digunakan sebagai sampelsebanyak 56 orang. Materi kimia yang digunakan dalam penelitian adalah larutan asam dan basa. Datadikumpulkan dengan observasi dan tes. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif, uji-t, dan N-Gain. Hasilpenelitian ini menunjukkan bahwa: (1) keterampilan kerja sama siswa kelas XI SMA yang mengikuti pembelajarandengan model Chemistry Outdoor Activity termasuk dalam kategori sangat baik dengan rata-rata skor seluruh aspekadalah 13,78, (2) terdapat perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar kimia siswa kelas XI SMA sebelum dansesudah mengikuti pembelajaran dengan model Chemistry Outdoor Activity berupa peningkatan prestasi belajardalam kategori rendah (N-Gain = 0,27; t = -11,717; p = 0,000).Kata kunci: Chemistry Outdoor Activity, keterampilan kerja sama, prestasi belajar, pre experimental design.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jrpk

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

Jurnal Riset Pembelajaran Kimia (JRPK) merupakan jurnal yang dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Kimia, FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal ini menerbitkan artikel ilmiah hasil penelitian empiris dalam bidang pembelajaran kimia. Prosedur ...