Jurnal Riset Pembelajaran Kimia
Vol 7, No 1 (2018): Jurnal Pembelajaran Kimia

PENGEMBANGAN ANDROID MOBILE GAME “CHEMFLO” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA SMA/MA KELAS X PADA MATERI IKATAN KIMIA

Kris Astuti (Unknown)
KH Sugijarto (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2018

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan android mobile game “ChemFlo” sebagaimedia pembelajaran pada materi ikatan kimia SMA/MA kelas X; (2) Mengetahui kualitas dankelayakan android mobile game “ChemFlo” sebagai media pembelajaran pada materi ikatan kimiaSMA/MA Kelas X. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Desain penelitian yangdigunakan mengacu pada model pengembangan ADDIE models yaitu, (1) Analysis ; (2) Design ; (3)Development ; (4) Implementation ; (5) Evaluation. Jenis data yang digunakan adalah kuantitatif dankualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan angket. Teknik analisis data dalam penelitian iniadalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) Pengembangan dengan modelpengembangan ADDIE menghasilkan android mobile game “ChemFlo” sebagai media pembelajaranpada materi ikatan kimia SMA/MA Kelas X ; dan (2) Berdasarkan penilaian guru kimia (reviewer),skor rata-rata (????) mobile game “ChemFlo” adalah 110 (???? 105), sehingga termasuk dalam kualitasSangat Baik (SB) dengan persentase keidealan 88.00%. Berdasarkan penilaian 58 peserta didik, skorrata-rata (????) mobile game “ChemFlo” adalah 75.37 (64.6 ???? ≤ 79.8), sehingga termasuk dalamkualitas Baik (B) dengan persentase keidealan 79.35%. Peserta didik menganggap mobile game“ChemFlo” menarik, menyenangkan, dan menambah ketertarikan dalam mempelajari kimia. MediaPembelajaran berupa android mobile game “ChemFlo” layak dijadikan sebagai media pembelajarankimia SMA/MA pada materi ikatan kimia.Kata kunci : Media pembelajaran, mobile game, android, ikatan kimia,

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jrpk

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

Jurnal Riset Pembelajaran Kimia (JRPK) merupakan jurnal yang dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Kimia, FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal ini menerbitkan artikel ilmiah hasil penelitian empiris dalam bidang pembelajaran kimia. Prosedur ...