Jurnal Riset Pembelajaran Kimia
Vol 5, No 3 (2016): Volume 5, No 3, Edisi 3 tahun 2016

EFEKTIVITAS CHEMISTRY DOUBLE QUIZ (CDQ) TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA SMA NEGERI 1 DEPOK

Efi Wijayanti (Unknown)
Rr.Lis Permana Sari (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Oct 2016

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya: 1) perbedaan motivasi belajar kimia siswa yang mengikuti pembelajaran dengan Chemistry Double Quiz (CDQ), 2) perbedaan peningkatan antara motivasi belajar kimia siswa yang mengikuti pembelajaran dengan CDQ dan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa CDQ, 3) perbedaan antara prestasi belajar kimia siswa yang mengikuti pembelajaran dengan CDQ dan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa CDQ apabila pengetahuan awal dikendalikan secara statistik.Penelitian eksperimen ini menggunakan desain satu faktor, dua sampel dan satu kovariabel. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu angket motivasi dan soal tes prestasi belajar. Pengujian hipotesis perbedaan motivasi dan prestasi belajar dilakukan dengan uji-t dan uji Anakova satu jalur.Hasil penelitian yaitu: 1) ada perbedaan motivasi belajar kimia siswa yang mengikuti pembelajaran dengan CDQ, 2) tidak ada perbedaan peningkatan antara motivasi belajar kimia siswa yang mengikuti pembelajaran dengan CDQ dan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa CDQ, 3) ada perbedaan prestasi belajar kimia antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan CDQ dan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa CDQ apabila pengetahuan awal dikendalikan secara statistik.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jrpk

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

Jurnal Riset Pembelajaran Kimia (JRPK) merupakan jurnal yang dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Kimia, FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal ini menerbitkan artikel ilmiah hasil penelitian empiris dalam bidang pembelajaran kimia. Prosedur ...