Jurnal Riset Pembelajaran Kimia
Vol 8, No 2 (2023): Jurnal Riset Pembelajaran Kimia

PENGARUH PENERAPAN CHEMISTRY LEARNING COMMUNITY BERBASIS DISCOVERY TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Sari, Anggi Mei Indah (Unknown)
Salirawati, Das (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan minat belajar dan hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah mengikuti penerapan Chemistry Learning Community (CLC) berbasis discovery di kelas XI SMA N 2 Ngaglik pada materi Larutan Asam Basa. Penelitian ini merupakan penelitian pre-experiment dengan desain one-group pretest-posttest. Variable bebas penelitian berupa model pembelajaran yaitu CLC berbasis discovery dengan variabel terikatnya adalah minat dan hasil belajar Kimia. Pemilihan sample menggunakan teknik convenience sampling, dengan instrumen pengumpulan data berupa angket untuk minat belajar dan soal untuk hasil belajar kimia peserta didik. Analisis hasil belajar menggunakan uji Wilcoxon signed rank, sedangkan untuk minat belajar menggunakan uji Paired t-test. Hasil analisis paired sample t-test menunjukkan nilai signifikan sebesar 0,000 untuk minat belajar yang menunjukkan adanya perbedaan minat belajar yang signifikan antara peserta didik sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran CLC berbasis discovery. Sementara hasil uji Wilcoxon signed rank sebesar 0,000 menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar yang signifikan antara peserta didik sebelum dan sesudah pembelajaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jrpk

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

Jurnal Riset Pembelajaran Kimia (JRPK) merupakan jurnal yang dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Kimia, FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal ini menerbitkan artikel ilmiah hasil penelitian empiris dalam bidang pembelajaran kimia. Prosedur ...