Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kegiatan pembelajaran jarak jauh di Universitas Negeri Yogyakarta dengan Besmart. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkatan usability serta rekomendasi perbaikan e-learning Besmart berdasarkan hasil uji usabilitas. Penelitian menggunakan pemodelan Structural Equation Modelling (SEM) dan uselearn. . Terdapat 12 kategori heuristik dalam uselearn yang akan menjadi dasar penilaian usabilitas e-learning besmart. Berdasarkan hasil evaluasi diperoleh model SEM dengan menggunakan ke-12 kategori heuristik yang berpengaruh untuk menemukan nilai usabilitas. Nilai usabilitas yang didapat adalah 0,65. Terdapat 7 kategori berpengaruh positif, yaitu: fleksibility (X3), course management (X4), interactivity , feedback and help (X5), memorability (X9), Completeness (X10), reducing redundancy (X11), aesthetics (X12) . Lima kategroi heuristik lainnya yang berpengaruhi negatif perlu diperhatikan dalam pengembangan e-learning besmart, yaitu: Error Prevention (X1), Visibility (X2), Accessibility (X6), Consistency and functionality (X7), Assessment strategy (X8)
Copyrights © 2022