Jurnal Riset Pembelajaran Kimia
Vol 5, No 4 (2016): Volume 5, No 4 Edisi 4 Tahun 2016

EFEKTIVITAS METODE PRAKTIKUM UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK

Charis Dwi Ismail (Unknown)
A.K Prodjosantoso (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Oct 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode praktikum untuk meningkatkan karakter dan prestasi belajar peserta didik di sekolah menengah atas. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Pre-experimental dengan model One Group Pretest Posttest. Sampel penelitian adalah 32 peserta didik kelas XI di SMA Negeri 2 Bantul Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan tes. Instrumen penelitian terdiri atas angket penilaian karakter dan soal prestasi belajar. Karakter yang diteliti adalah karakter jujur, disiplin, kerja keras, mandiri, komunikatif, dan rasa ingin tahu. Praktikum mengadaptasi 5E learning cycle yang dibagi menjadi 5 kegiatan pokok, yaitu, mengamati, bertanya, mengumpulkan data, mengasosiasi dan mengkomunikasikan. Analisis data menggunakan uji-t berpasangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode praktikum efektif untuk meningkatkan karakter dan prestasi belajar peserta didik. Skor rata-rata karakter mengalami kenaikan sebesar (4,34), sedangkan skor rata-rata prestasi belajar mengalami kenaikan sebesar (39,53). Guru berperan membangun relasi yang suppotive dan menjadi teladan yang baik bagi peserta didik.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jrpk

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

Jurnal Riset Pembelajaran Kimia (JRPK) merupakan jurnal yang dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Kimia, FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal ini menerbitkan artikel ilmiah hasil penelitian empiris dalam bidang pembelajaran kimia. Prosedur ...