Jurnal Riset Pembelajaran Kimia
Vol 7, No 3 (2018): Jurnal Pembelajaran Kimia

THE DEVELOPMENT OF READING BOOK ABOUT FOOD ADDITIVES TO SUPPORT THE LITERACY FOR STUDENTS OF TOURISM VOCATIONAL SCHOOL

Hana Kusumaningtyas (Unknown)
Heru Pratomo AL (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2018

Abstract

AbstrakTujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis karakteristik buku dan menentukan tingkatkelayakan buku yang dikembangkan. Kelayakan buku ditentukan berdasarkan respon pengguna, yaituoleh guru SMK Pariwisata yang dilihat dari aspek lingkup materi, penyajian materi, kebahasaan, dankegrafikaan, serta oleh siswa SMK Pariwisata dengan Kompetensi Keahlian Tata Boga dari aspekpenyajian materi, kebahasaan, dan kegrafikaan. Model penelitian ini adalah penelitian pengembanganyang menggunakan prosedur ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation).Hasil pengembangan berupa buku yang berjudul “Mengenal Bahan Tambahan Makanan”. Materi yangdisajikan dalam buku ini adalah beberapa jenis bahan tambahan makanan yaitu pewarna, pengawet,pemanis, dan penyedap rasa. Kelayakan buku berdasarkan respon guru SMK Pariwisata adalah baik (B),sedangkan menurut siswa, buku ini berada pada kategori sangat baik (SB). Oleh karena itu, buku ini layakdigunakan untuk mendukung literasi siswa SMK Pariwisata dan masyarakat yang bekerja di bidangkuliner.Kata kunci: bahan tambahan makanan, literasi, SMK Pariwisata

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jrpk

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

Jurnal Riset Pembelajaran Kimia (JRPK) merupakan jurnal yang dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Kimia, FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal ini menerbitkan artikel ilmiah hasil penelitian empiris dalam bidang pembelajaran kimia. Prosedur ...