AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi dan kemampuan berpikir kritis siswa yangmengikuti pembelajaran dengan LKS berbasis student centered dengan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpamenggunakan LKS tersebut, serta keefektifan LKS tersebut terhadap motivasi dan kemampuan berpikir kritissiswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilaksanakan di SMAN 2 Klaten. Sampel penelitianterdiri dari kelas kontrol dan eksperimen yang masing-masing terdiri 34 siswa. Data motivasi diperoleh denganangket motivasi dan dianalisis menggunakan uji-t beda subjek. Data kemampuan berpikir kritis diperoleh denganposttest dan dianalisis menggunakan uji anakova satu jalur. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan yangsignifikan motivasi dan kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen dan kontrol. LKS berbasis studentcentered efektif untuk meningkatkan motivasi dan kemampuan berpikir kritis siswa. Sumbangan efektif media LKStersebut terhadap kemampuan berpikir kritis siswa adalah sebasar 29%.Kata kunci: LKS berbasis student centered, Motivasi, Kemampuan berpikir kritis
Copyrights © 2018